Selasa, 22 Juni 2010

Nasi Be-Guling di Pura Halim

Setiap orang sudah hampir pasti pernah merasakan "Rindu Kampung Halaman" (home-sick), terlebih Orang Bali.   Latar belakang kehidupan yang penuh ragam tradisi dan kesan pada masa kecil di kampung  halaman seakan membuat Orang Bali dimanapun berada tidak mampu untuk melepaskannya.   Salahsatunya adalah tentang selera makan.   Walau di jaman sekarang ini suda banyak ragam makanan yang dianggap berkelas, namun Nasi Be-Guling merupakan makanan terpavorit  orang Bali.    Oleh karena itu, tidak heran kiranya bila setiap ada event-event penting dalam kehidupan Orang Bali biasanya melengkapi hidangan makannya dengan masakan Babi-Guling. 
Di Pura Agung Taman Sari Halim Jakarta sudah hampir pasti setiap bulan ada saja Orang Bali yang melaksanakan syukuran (anghayubagya) atau saat hari-raya maupun pertemuan warga serta arisan bersama-sama dengan warga Bali lainnya untuk santap bersama menu hidangan Nasi Be-Guling dan menu lainnya seperti lawar, tum, jukut ares, sate lilit dan urutan.    Untuk menambah ke khasan citarasa masakan Bali biasanya dilengkapi dengan Sambel Bongkot, Sambel trasi, dan sambel matah.   Sedangkan minuman yang khas adalah Rujak Tibah, Wedang jahe juga sangat berasa.    Bagi yang syukuran kecil-kecilan juga dapat dilaksanakan dengan hidangan Nasi-Jenggo dengan menu Nasi putih, ayam sisit, sayur, dan kacang serundeng.  
Menu masakan khas Bali, semua dapat disediakan di Kantin Pura Halim, yang dikelola oleh Ibu Agung Yasmini.   Saat ini masakan khas Bali : Made in  Bu Agung sudah mampu  menerobos kalangan papan atas, terbukti banyak pelanggan yang memesan dari instansi-instansi (Bank, Perusahaan dll).
Tidak dipungkiri, keberadaan kantin Bu agung di Jaba Sisi Pura agung Aman Sari Halim merupakan salah satu daya tarik warga Bali untuk datang ke Pura Halim.    Sambil menyelam minum air, yaitu datang ke pura Halim untuk sembahyang (wisata rohani) sekaligus memanjakan lidah dengan masakan khas Bali (jasmani).
sehingga keseimbangan lahir  dan bathin tetap perlu sama-sama diperhatikan.  Bagi yang penasaran.......silahkan rawuh ngaturang bhakti ke Pura Halim P dan mampir ke Kantin Pura. Semoga senantiasa mendapat sweca Sanghyang Widhi Wasa!

7 komentar:

  1. Om Swastiastu

    Suksma antuk informasinya, blognya becik, dumogi sering di update .. ngiring simpang ting blog rare angon nak bali belog

    BalasHapus
  2. Mohon info nomor telephone Kantin Pura Halim Ibu Agung Yasmini, terima kasih

    BalasHapus
  3. Setiap hari apa nasi be guling dijual?

    BalasHapus
  4. Berapa harga be guling satu ekor?

    BalasHapus
  5. Kalau mau order, kontaknya kemana?

    BalasHapus
  6. Kslau mau beli be guling, kontak ke siapa, nomor kontak?

    BalasHapus